Contoh Discussion Text About Smartphone & Artinya

Contoh Discussion Text About Smartphone & Artinya – Discussion Text atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai teks diskusi merupakan teks yang berisi tulisan mengenai suatu masalah yang problematik dan mengandung pro dan kontra. Jenis teks ini dapat membahas berbagai masalah yang terjadi dalam masyarakat. Berikut adalah contoh Discussion Text mengenai Smartphone.

Smartphone or Gadget for Children?

Currently, the smartphone or gadget has become part of everyday life, including children. The use of this gadget is often misused by some parties, such as parents who instantly provide facilities for media gadgets in educating their children who are growing up. The form of gadget that is thin, interesting and has diverse application allows every child to access. The gadget does not only make children calm for hours, but is also pointed out that it can decrease the child’s performance later when he enters school level.

In this era of advanced technology, gadgets make every parent thinks “instantly” in educating their children. So in the present, it’s not unusual anymore when there are parents who provides facilities such as gadgets for their son who is still an early age. Gadget is easier for everyone to access all the information, but what about when the gadget is used for early children who are supposed to be playing with their friends, socializing with the neighborhood, exploring themselves, and thinking creatively when addressing the problem.

The impact of gadget on children will be felt if a child has decreased in socializing with others. Children who are too busy playing gadget tend to be unconcerned about the environment, so they do not understand the ethics of socializing. Moreover, the social networking sites in cyberspace excessively can also often make children think that looking for friends can be done via internet, and they forget the friends that exist in the surrounding environment.

In addition to the impact on the development of intelligence, gadget impact on children’s development also affects the development of children’s eyes. Based on the research results, the use of excessive gadget can aggravate the eye muscles in regulating focus, and cause eye strain. It can accelerate the onset of disorders myopia (minus the eyes) in children.

But apparently, there are positive impacts of gadgets on children. By using the high-tech gadgets, children will be easy and quick to get information about their duties at school. Gadgets can also expand the network of friendship because it can be easy and quick to use the social media. Moreover, the gadget can also develop the creativity of children.

In this case, the parents play an important role to prevent the things that negatively impact the children. So that children can take benefits from gadgets such as described above. Parents are encouraged to know and understand, the boundaries of age of children can be introduced and given a gadget. In order that its use could be more optimal and more useful in the future of the children.

Artinya:

Smartphone atau Gadget for Children?

Saat ini, smartphone atau gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk anak-anak. Penggunaan gadget ini sering disalahgunakan oleh beberapa pihak, seperti orang tua yang langsung menyediakan fasilitas untuk gadget media dalam mendidik anak-anak mereka yang telah tumbuh. Bentuk gadget yang tipis, menarik dan memiliki aplikasi yang beragam memungkinkan setiap anak untuk mengaksesnya. Gadget tidak hanya membuat anak tenang selama berjam-jam, tetapi juga menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kinerja anak ketika ia memasuki tingkat sekolah.

Dalam era teknologi canggih, gadget membuat setiap orang tua berpikir “secara instan” dalam mendidik anak-anak mereka. Jadi di masa sekarang, bukan hal aneh lagi ketika ada orang tua yang menyediakan fasilitas seperti gadget untuk anak mereka yang masih usia dini. Gadget lebih mudah bagi setiap orang untuk mengakses semua informasi, tetapi bagaimana bila gadget digunakan untuk anak-anak awal yang seharusnya bermain dengan teman-teman mereka, bersosialisasi dengan lingkungan, menjelajahi sendiri, dan berpikir kreatif saat menyikapi masalah.

Dampak dari gadget pada anak-anak adalah mereka akan merasa jika seorang anak mengalami penurunan dalam bersosialisasi dengan orang lain. Anak-anak yang terlalu sibuk bermain gadget cenderung tidak peduli tentang lingkungan, sehingga mereka tidak mengerti etika bersosialisasi. Selain itu, situs jejaring social di dunia maya berlebihan dapat juga sering membuat anak berpikir bahwa mencari teman dapat dilakukan melalui internet, dan mereka melupakan teman-teman yang ada di lingkungan sekitarnya.

Selain dampak pada pengembangan kecerdasan, dampak gadget pada perkembangan anak-anak juga mempengaruhi perkembangan mata anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan gadget yang berlebihan dapat memperburuk otot mata dalam mengatur fokus, dan menyebabkan ketegangan mata. Hal ini dapat mempercepat timbulnya gangguan myopia (mata minus) pada anak-anak.

Namun ternyata, ada dampak positif dari gadget pada anak-anak. Dengan menggunakan gadget berteknologi tinggi, anak-anak akan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi tentang tugas-tugas mereka di sekolah. Gadget juga dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat mudah dan cepat untuk menggunakan media sosial. Selain itu, gadget ini juga dapat mengembangkan kreativitas anak.

Dalam hal ini, orang tua berperan penting untuk mencegah hal-hal yang berdampak negatif terhadap anak-anak. Sehingga anak-anak dapat mengambil manfaat dari gadget seperti yang dijelaskan di atas. Orang tua didorong untuk mengetahui dan memahami, batas-batas usia anak-anak dapat diperkenalkan dan diberi gadget. Agar penggunaannya bisa lebih optimal dan lebih berguna di masa depan anak-anak.

Demikianlah contoh Discussion Text mengenai Smartphone. Tidak bisa dipungkiri jika di zaman modern ini Smartphone sangatlah dibutuhkan oleh semua orang dari semua kalangan. Akan tetapi, bijaklah dalam penggunaannya agar dapat dirasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar