Pengertian dan Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Pengertian dan Contoh Descriptive Text – Descriptive Text di dalam bahasa inggris diartikan sebagai sebuah teks yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu baik itu benda, manusia, tempat, ataupun hewan. Descriptive text biasanya berisi penjelasan detail mengenai objek tertentu dimana didalamnya diberikan fakta-fakta dan penjelasan terperinci berdasarkan pengalaman ataupun sudut pandang dari penulis. Jenis teks ini sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari namun belum banyak yang mengetahui mengenai tata cara menulis descriptive text dalam bahasa inggris dengan baik dan benar. Untuk itu, pada artikel ini kami berikan penjelasan terperinci mengenai jenis teks ini lengkap dengan contohnya.

Pengertian dan Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Pengertian Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris

Tujuan Komunikatif dari Descriptive Text
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, descriptive text memiliki tujuan komunikasi untuk menjelaskan suatu objek dengan memberikan ciri-ciri dari objek tersebut secara umum. Berbeda dengan report text yang menjelaskan sesuatu berdasarkan pada riset mendalam ataupun data-data yang dihimpun dengan seksama.

Generic Structure dari Descriptive Text
Strutur utama dari descriptive tet terbagi atas dua bagian, yaitu identification dan description.
Pada bagian identification, biasanya berisikan tentang penjelasan mengenai objek yang ingin didsekripsikan. Sedangkan pada bagian Description biasanya berisikan penjelasan mendetail mengena objek tersebut.


Ciri –Ciri Descriptive Text
Ciri paling mencolok dari descriptive text adalah penggunaan simple present tense di dalam penulisannya. Karena descriptive text biasanya berisikan fakta-fakta dari apa yang sedang dideskripsikan. Misalnya: He teaches English in that school, Ridho has slanted eyes

Ciri selanjutnya adalah penggunaan adjective, biasanya digunakan untkk memberikan penjelasan dari subjek/objek yang dibicarakan.

Relating Verbs juga sering ditambahkan kedalam sebuah Descriptive Text, misalnya: she is really funny, he is very handsome, etc.

Descriptive Text menggunakan Thinking dan Feeling Verbs sebagai salah satu cara menyampaikan perasaan dan pemikiran dari si penulis. Contohnya: she looks pretty, it smells good.

Di dalam sebuah Descriptive text biasanya juga terdapat adverbs (kata keterangan) yang berfungsi sebagai tambahan informasi dari kata sifat. Misalnya : it is extremely awesome.

Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris Dan Terjemahannya


My Father
I have a father, his name is Ilham. He is fifty years old. He is a teacher in SMA Gajah Mada Bandar Lampung. He teaches English in that school.

My father has thin body, his height is about 173cm. His face is oval with big eyes, pointed nose and thick moustache. His skin is white and his hair is curly.

My father is a diligent teacher. He always goes to school every morning and never late. He always command his student to be discipline. He is a good father. He always teaches me to be  kind. He always reminds me to study in night day. I am proud having father like him.


Artinya:

Ayahku
Saya punya ayah, namanya Ilham. Dia berumur lima puluh tahun. Dia adalah seorang guru di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Dia mengajar bahasa Inggris di sekolah itu.

Ayahku memiliki tubuh kurus, tinggi badannya sekitar 173cm. Wajahnya oval dengan mata besar, hidung mancung dan kumis tebal. Kulitnya putih dan rambutnya keriting.

Ayahku adalah seorang guru yang rajin. Dia selalu pergi ke sekolah setiap pagi dan tidak pernah terlambat. Dia selalu memerintahkan muridnya untuk menjadi disiplin. Dia adalah ayah yang baik. Dia selalu mengajarkan saya untuk bersikap baik. Dia selalu mengingatkan saya untuk belajar di malam hari. Saya bangga memiliki ayah seperti dia.


------------------------------------------------------------------------------------------------------

My Brother
I want to explain about my brother. His name is Muhammad Ridho. I call him Ido. He is eleven years old. Ridho is five grader student at SD Al-Azhar Way Halim.
His height is about 158 cm and body weight 60 kg. Ridho has slanted eyes, bold eyebrow, and pointed nose. His hair is short and black and his skin is white. He is a handsome boy.
Ridho is a clever student. He has always been the top five in his class. Ridho is a diligent boy. He always studies everynight.
His hobby is playing football. He always playing football after school. Beside that he also likes drawing. He has a dream to be a painter. I’m proud to have a brother like him. I’m very fond of him.

Artinya:
Adikku
Aku ingin menjelaskan tentang adikku. Namanya adalah Muhammad Ridho. Aku memanggilnya Ido. Dia berumur sebelas tahun. Ridho adalah siswa kelas lima di SD Al-Azhar Way Halim.
Tingginya sekitar 158 cm dan berat badan 60 kg. Ridho memiliki mata sipit, alis tebal, dan hidung runcing. Rambutnya pendek dan hitam, dan kulitnya putih. Dia adalah seorang anak laki-laki yang tampan.
Ridho adalah siswa pintar. Dia selalu menjadi lima besar di kelasnya. Ridho adalah anak rajin. Dia selalu belajar setiap malam.
Hobinya adalah bermain sepak bola. Dia selalu bermain sepak bola setelah sekolah. Selain itu dia juga suka menggambar. Dia memiliki mimpi untuk menjadi seorang pelukis. Aku bangga memiliki saudara seperti dia. Aku sangat menyukainya.

Semoga penjelasan mengenai Pengertian dan Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya ini dapat membantu anda dalam memahami descriptive text dalam bahasa inggris dengan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar