Tips dan Strategi Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Tips dan Strategi Mahir Berbicara Bahasa Inggris - Conversation bahasa inggris dapat kita pelajari melalui contoh-contoh percakapan yang dapat ditemui dengan mudah di internet. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mendownload video yang berisi contoh dialog atau percakapan bahasa inggris sehari-hari. Bagi anda yang masih pemula, dan ingin mempelajari conversation atau dialog dalam bahasa inggris, sebaiknya memulai dengan mempelajari contoh percakapan yang singkat dan disesuaikan dengan perbendaharaan kosa kata yang anda miliki. Berikut ini, saya berikan tips untuk mempelajari conversation di dalam bahasa inggris yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Tips pertama saya diambil dari www.omniglot.com yang membahas mengenai metode dalam mempelajari conversation bahasa inggris. Simak saja tipsnya sebagai berikut:
  1. Anda harus mempelajari conversation dari rekaman atau video mengenai contoh percakapan dan sebaiknya anda memiliki transkrip atau teks mengenai isi dari percakapan yang ada di dalam rekaman tersebut.bila anda mempelajarinya dari video, pastikan video tersebut memiliki subtitle di bawahnya. Dengarkan setiap kalimat yang diucapkan di dalam contoh percakapan itu, sambil memperhatikan teks/subtitle yang ada. Cobalah untuk memahami maksud dari setiap kalimat yang diucapkan sampai anda benar-benar memahaminya.
  2. Setelah memahaminya, cobalah untuk melafalkan setiap kalimat yang sudah anda pelajari dengan lantang. Kemudian bandingkan dengan cara pengucapan yang ada di dalam rekaman/video tadi.
  3. Cobalah utuk meniru cara pengucapan (pronunciation) semirip mungkin dengan yang ada pada rekaman/video. Jangan lupa pula untuk mengecek apakah ada kesalahan dari kalimat yang anda ucapkan, bandingkan dengan teks/subtitle yang ada.
  4. Anda harus menulis kata-kata sulit yang anda temukan di dalam contoh percakapan yang sedang anda pelajari. Kemudian temukan arti dan maknda dari kata-kata tersebut di dalam kamus. Tujuanya adalah agar anda dapat memahami percakapan tersebut dengan lebih baik.
  5. Pelajarilah contoh conversation dengan tema-tema tertentu agar anda dapat fokus dalam memahami bagaimana cara bercakap-cakap di dalam sebuah kondisi yang membahas tema tertentu.
  6. Untuk meningkatkan kemampuan conversation anda, carilah berbagai macam topic percakapan melalui video, program tv, film, buku, berita, atau mencoba berkomunikasi dengan orang asing melalui media online seperti skype, facebook, dsb.
  7. Bagi ada yang sudah agak mahir berbicara dalam bahasa inggris, berikut adalah tips untuk mengembangkan kemampuan conversation dalam bahasa inggris yang saya ambil dari sebuah  artikel milik www.teacherjoe.us yang berjudul english conversation tips :

Tips pertama:
Ketika memulai untuk belajar bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris, mulailah dengan bentuk pertanyaan “yes or no”. Artinya, sampaikanlah sebuah pertanyaan yang jawabannya adalah “ya atau tidak” misalnya:
“do you like music?”
“do you have a sister?”
“are you javanese?”


Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membuat anda mengetahui informasi menarik mengenai lawan bicara anda yang bisa dibahas lebih lanjut.

Tips kedua:
Dengarkan baik-baik jawaban yang diberikan oleh lawan bicara anda sehingga anda bisa memberikan pertanyaan “follow up” yang berhubungan dengan jawaban yang ia berikan. Misalnya ketika ia menjawab “no, i don’t like horror movies” anda bisa memberikan pertanyaan lanjutan, misalnya “so, what kind of movies do you like” dengan begitu, percakapan akan terus berlanjut dan lancar.

Tips ketiga:
Ketika memberikan jawaban, cobalah untuk memberikan jawaban dengan kalimat yang panjang agar percakapan tidak terhenti. Misalnya ketika lawan bicara bertanya “do you like to travel?” jangan hanya membawab “yes” atau “no” tetapi lanjutkan dengan sebuah pernyataan tambahan, misalnya “yes, i like to travel. I love to see a new place, especially beach”dengan menjawab seperti itu anda akan membuka peluang bagi lawan bicara untuk memberi pertanyaan selanjutnya.

10 tips dan strategi untuk mampu berbicara dalam bahasa inggris dengan lancar

Selanjutnya, sebagai tambahan, saya berikan 10 tips dan strategi untuk mampu berbicara dalam bahasa inggris dengan lancar.
  1. Tidak ada cara khusus untuk lancar dalam berbahasa inggris. Berlatih dalam percakapan sehari-hari dan menggunakan bahasa inggris sesering mungkin merupakan kunci utama untuk bisa lancar berbahasa inggris. Namun perlu diingat bahwa belajar bahasa inggris adalah proses yang panjang dan membutuhkan konsistensi.
  2. Sebisa mungkin gunakan bahasa inggris di dalam kehidupan sehari-hari. Dengarkan lagu bahasa inggris, membaca berita atau buku berbahasa inggris, menonton film berbahasa inggris, itu adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membiasakan diri dengan bahasa inggris.
  3. Seimbangkan aspek bahasa inggris yang anda pelajari. Ada 4 aspek di dalam belajar bahasa inggris yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Jangan hanya berfokus pada satu aspek saja, tapi seimbangkanlah setiap aspek tersebut. Misalnya, dalam satu bulan anda dapat membagi setiap minggu untuk mempelajari satu aspek dengan fokus.
  4. Carilah partner untuk melatih kemampuan speaking anda. Akan lebih baik bila partner anda adalah native speaker. Cobalah untuk berteman dengan orang asing melalui media sosial online dan rajinlah bertegur sapa dengannya.
  5. Baca, tonton, dan dengarkan segala hal yang berhubungan dengan bahasa inggris dalam berbagai konteks.
  6. Cobalah untuk berfikir dalam bahasa inggris. Misalnya ketika berbicara di dalam hati, cobalah untuk melakukannya dengan menggunakan kata-kata atau kalimat dalam bahasa inggris.
  7. Deskripsikan sesuatu dengan lebih banyak kata. Misalnya untuk menjelaskan kata “onion” anda dapat menggantinya dengan “the white vegetable that when you cut it you cry” dengan begitu, kemampuan vocabulary akan terasah.
  8. Ketika berlatih berbicara, jangan berfikir terlalu banyak tentang grammar bahasa inggris.
  9. Cobalah untuk bercakap-cakap dengan diri sendiri. Seperti melakukan sebuah monolog. Anda melontarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda sendiri yang menjawabnya. Ini sangat baik untuk melatih kemampuan speaking yang anda miliki.
  10. menyerah, jangan pernah berhenti untuk belajar. Anda pasti bisa!!
Itulah berbagai tips, metode, dan strategi yang bisa diterapkan untuk mengasah kemampuan anda dalam conversation bahasa inggris. Semoga tips-tips yang saya berikan memberi motivasi positif bagi anda semua untuk mempelajari bahasa inggris lebih jauh lagi. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai bagian akhir, sampai jumpa kembali pada artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar