Penjelasan detail Subject Verb Agreement

Penjelasan detail Subject Verb Agreement – Hai sahabat, kalian pasti sudah mengenal yang namanya ‘verb’. Verb merupakan kata kerja dalam Bahasa Inggris. Dalam menentukan kata kerja, apakah harus ditambahkan akhirsan –s atau tidak (untuk Simple Present Tense), apakah menggunakan am, is, atau are (untuk Present Continouse Tense), atau yang lainnya, kita harus menyesuaikannya dengan subjek dalam kalimat tersebut yang dikenal dengan nama Verb Agreement. Berikut adalah penjelasan detail mengenai Subject Verb Agreement.

Pengertian Subject – Verb Agreement

Subject – Verb Agreement merupakan kesesuaian antara kata kerja (verb) dan subject dalam kalimat dalam hal jumlah (number), yaitu tunggal (singular) atau jamak (plural).

Subjek dalam kalimat dapat berupa kata benda (noun), kata ganti (pronoun), atau bentuk lain yang berfungsi kata benda (noun), seperti Gerund (V-ing) dan infinitive (V1). Pada dasarnya, subjek tunggal (singular subject) menggunakan kata kerja tunggal (singular verb) yang ditambahkan akhiran -s/ -es untuk orang ketiga tunggal (third person) contihnya adalah Ann, Roy, Andi, dll, sedangkan subjek jamak (plural subject) menggunakan kata kerja jamak (plural verb) tanpa akhiran -s/ -es, akan tetapi akhiran tersebut diberikan pada subjek kalimat karena subjek tersebut dalam bentuk jamak.
Aturan tersebut berlaku untuk orang ketiga tunggal (third person), dan juga untuk kata ganti personal (Personal Pronoun), contohnya yaitu we dan they (jamak) dan she, he, it (tunggal). You dan I merupakan pengecualian karena meskipun kata ganti tersebut berbentuk tunggal, kata ganti tersebut menggunakan aturan jamak untuk kata kerjanya.

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement
Subject = italic
Verb = bold
  • The girls play together in the park. (Anak – anak perempuan bermain bersama di taman)
  • The cat plays a yarn ball. (Kucing bermain sebuah bola benang)
  • Andi likes pizza and spaghetti. (Andi suka pizza dan spaghetti)
  • I like fried rice, chicken soup, and cake. (Saya suka nasi goreng, sup ayam, dan kue)
Akan tetapi jika terdapat kata kerja bantu (helping verb), maka helping vern tersebutlah yang berubah bentuknya, sedangkan kata kerja utama (main verb) nya tetap dalam bentuk dasar (base form). Contoh kata kerja bantu (helping verb) yaitu is, does, has (untuk subjek tunggal), dan are, do, have (untuk subjek jamak). Khusus untuk kata kerja has dan have aturan tersebut tidak berlaku jika kata kerja tersebut berada di belakang kata kerja bantu (helping verb) yang lain.

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement dengan Helping Verb
Subject = italic
Verb = bold
Helping Verb = underline
  • One student in Class XII A always comes late to school. (Seorang siswa dari kelas XII A selalu datang terlambat ke sekolah)
  • My friends like watching movies together. (Teman – temanku suka menonton film bersama)
  • Aiden is working in the office now. (Aiden sedang bekerja di kantor sekarang)
  • I do have a nice dress for you. (Saya benar – benar punya gaun yang indah untukmu)
  • The secretary has checked my documents before she gives it to the manager. (Sekertaris telah mengecek dokumen saya sebelum dia memberikannya kepada manajer)
  • She will have been cooking for dinner when I come. (Dia akan telah sedang memasak untuk makan malam ketika saya datang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar