8 Tips Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris - Pentingnya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris tidak bisa kita pungkiri lagi. Mampu berbicara bahasa inggris dengan fasih menjasi salah satu kunci sukses di masa modern seperti saat ini. Bahasa inggris menjadi syarat utama di dalam perekrutan seorang pegawai di perusahaan.

Belajar bahasa inggris telah kita mulai sejak menduduki bangku sekolah dasar. Namun kebanyakan guru disekolah mengajarkan siswanya untuk memahami grammar sehingga hanya berfokus pada kemampuan membaca dan menulis. Kemampuan berbicara dalam bahasa inggris yang kita milik menjadi sangat sedikit karena kurang berlatih. Dengan kemampuan speaking yang minim terkadang kita menjadi malu untuk menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi di dalam kehidupan sehari-hari. Padahal untuk mahir berbicara dengan menggunakan bahasa inggris diperlukan banyak latihan dan pengalaman. Berdasarkan fakta tersebut, saya mencoba mengumpulkan berbagai tips yang bisa diterapkan guna meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris yang kita miliki. Berikut ini adalah tipsnya:

Jangan Ragu-Ragu
Jangan pernah ragu untuk menggunakan bahasa inggris meskipun penguasaan vocabulary anda masih minim. Cobalah untuk mencari lingkungan yang juga akrab dengan bahasa inggris. Bila anda masih sekolah, cobalah untuk ikut klub bahasa inggris atau bila anda adalah mahasiswa anda bisa mengikuti unit kegiatan mahasiswa bahasa inggris. Dengan begitu, kemampuan speaking anda akan bertambah karena memiliki lingkungan yang tepat untuk berlatih.

Menulis Buku Harian dalam Bahasa Inggris
Menulis buku harian dalam bahasa inggris adalah cara yang sangat baik untuk melatih kemampuan untuk melatih kemampuan menulis anda. Luangkan waktu anda untuk menulis peristiwa yang anda alami hari ini dalam bahasa inggris. Cobalah untuk menggunakan kata-kata dan frase baru ketika anda menulis di buku harian anda. Dengan begitu, perbendaharaan kata yang anda miliki akan semakin banyak.

Membaca Koran Bahasa Inggris
Cobalah untuk membaca koran atau majalah yang berbahasa inggris. Bacalah dengan suara yang lantang untuk melatih kemampuan pronunciation. Selain itu, anda bisa menuliskan kata-kata yang anda tidak mengerti dan cobalah untuk mempelajari maknanya. Setelah itu, gunakan kata-kata sulit tersebut di dalam percakapan.

Menonton Film  Bahasa Inggris
Pada awalnya, anda dapat membaca subtitle yang ada di dalam film untuk mempelajri dan  mengikuti percakapan. Ini juga dapat melatih kemampuan listening anda.

Menonton Saluran Berita Inggris
Sisihkan satu jam setiap hari untuk menonton saluran berita inggris. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman anda mengenai bahasa inggris.

Manfaatkan Internet
Ada begitu banyak file audio dan video tentang percakapan bahasa inggris yang  dapat di-download secara gratis di internet. Ini adalah cara yang baik guna melatih kemampuan mendengarkan dan mengembangkan pemahaman tentang aksen bahasa inggris yang berbeda-beda.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Sebagai awalan, cobalah untuk mendengarkan lagu bahasa inggris sabil membaca teks lirik dari lagu tersebut. Dengan begitu anda akan lebih mudah dalam memahami maksud dari lagu tersebut serta lebih mudah dalam menghafalan kosa kata yang digunakan. Setelah hafal, cobalah untuk menyanyikan lagu tersebut secara berulang, cara ini sangat baik untuk mengasah vocabulary.

Berbicara dengan Orang yang Lebih Mahir
Berbicaralah dengan teman anda yang lebih mahir berbahasa inggris. Jangan pernah malu untuk meminta saran serta nasihat dari teman anda. Teman juga bisa menjadi partner yang tepat untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa inggris.

Berbagai tips di atas dapat anda terapkan guna meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris. Bila anda ingin panda berbicara dalam bahasa inggris, maka anda harus melatihnya dengan rutin dan konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar